Unknown


Blissmer (1985) : komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
—Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
—Komputer : suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. —Terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output).—Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau electronic data processing (EDP).STRUKTUR KOMPUTER—Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait



—Input Device (Alat Masukan) : Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam computer.
—Output Device (Alat Keluaran) : Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.—I/O Ports : Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.—CPU (Central Processing Unit) : CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu; ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.—Memori : Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.—Data Bus : Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.—Address Bus : Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.——Control Bus : Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.PERANGKAT INPUT—Input device : alat yg digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. —Signal input : data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, —Maintenance input : program yg digunakan untuk mengolah data yg dimasukkan. —Terminal : berfungsi ganda sebagai alat input juga alat output dan dapat digolongkan : ◦non intelligent terminal ◦smart terminal. ◦intelligent terminal. —Non intelligent terminal hanya untuk memasukkan input & menampilkan output, tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses, juga disebut dumb terminal. —Smart terminal punya alat pemroses & memori di dalamnya sehingga input dapat dikoreksi kembali. Tidak dapat diprogram oleh pemakai,hanya oleh pabrik pembuatnya. —Intelligent terminal dapat diprogram. —Peralatan yg berfungsi sebagai input terbagi dua ; ◦Input langsung yaitu jika input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. ◦Tidak langsung , input tidak langsung diproses, melalui media tertentu sebelum diproses. — —Input langsung : keyboard, pointing device (mouse, touch screen, light pen, dan digitizer graphics tablet), scanner (magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (digitizing camera), dan voice recognizer (microphone). —Input tidak langsung : keypunch yg dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yg merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yg merekam data ke media magnetic disk (disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
PERANGKAT OUTPUT—Output yang dihasilkan dapat digolongkan menjadi empat bentuk :◦tulisan (huruf, angka, simbol khusus).◦image (dalam bentuk grafik atau gambar).◦Suara.◦dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). —Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.—Peralatan output dapat berupa:◦Hard-copy device : alat untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.◦Soft-copy device, alat untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.◦Drive device atau driver: alat untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.—Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakan plotter.— —Jenis soft-copy device, karena keluarannya berupa signal elektronik, yaitu berupa gambar yang tampil di layar monitor sbg hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. —Memiliki berbagai ukuran layar, berbagai tingkat resolusi (menentukan ketajaman gambar).
CENTRAL PROCESSING UNIT
—CPU tempat pemroses instruksi-2 program, yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor). —Berupa chip yg berisi ribuan hingga jutaan IC.—Contoh◦Intel 80486 DX2-400 (dikenal dgn komputer 486 DX2).◦Intel Pentium 100 (dikenal dgn komputer Pentium I).◦Intel Pentium II-350.◦Intel Pentium III-450.◦Intel Celeron 333.◦AMD K-II.◦Dsb. —CPU terdiri dari dua bagian utama :◦unit kendali (control unit).◦unit aritmatika dan logika (ALU). —Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.


CU (Control Unit) / Unit Kendali —Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. —Mengartikan instruksi-2 dari program komputer.—Membawa data dari alat input ke memori utama.—Mengambil data dari memori utama untuk diolah.—Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.—Membawa hasil pengolahan data kembali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.
—Kesimpulan tugas dari unit kendali ini adalah:◦Mengatur & mengendalikan alat-alat input dan output.◦Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.◦Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan).◦Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.◦Menyimpan hasil proses ke memori utama.
ALU (Arithmatic and Logic Unit)—Melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. —Melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. —Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥).Memory—Ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer yaitu:◦Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses.◦Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan.◦Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen. Register—Alat penyimpanan kecil dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama.—CPU diibaratkan sbg otak yg punya ingatan-2 (register) dan pengendali organ tubuh (CU). —Program dan data diletakkan di memori utama yg diibaratkan sbg sebuah meja. Program diproses (melakukan satu per satu instruksi-instruksi yang ada di dalamnya).—Instruksi tsb dibaca & diingat (instruksi yg sedang diproses disimpan di register). —Misalnya HITUNG C = A + B, maka perlu data nilai A & B yg masih ada di meja (di memori utama). Data ini dibaca dan masuk ingatan kita (data yg sdg diproses disimpan di register), misal A=2 dan B = 3, sehingga nilai C dapat dihitung yaitu 5 (proses perhitungan ini dilakukan di ALU).—Hasil dari perhitungan ini dituliskan kembali ke meja (disimpan kembali ke memori utama). —Setelah itu mungkin data, program, dan hasilnya disimpan secara permanen ke dalam lemari kabinet (penyimpanan sekunder).—Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu :◦Instruction Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.◦Program Counter (PC) digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya.◦General purpose register, punya kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang sedang diproses. Contoh, yg digunakan untuk menampung data disebut operand register, untuk menampung hasil disebut accumulator.◦Memory data register (MDR) digunakan untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU atau menampung data yg akan direkam ke memori utama, hasil pengolahan oleh CPU.◦Memory address register (MAR) digunakan untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yg akan diambil atau yg akan diletakkan. ◦Selain register, beberapa CPU menggunakan suatu cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, agar kerja CPU lebih efisien. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data/ instruksi diterima dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori utama, baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama lebih lambat dibanding kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang. ◦Dengan adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada memori utama dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan dengan cache memory.
Random Access Memory
—Dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:◦Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.◦Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.◦Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.◦Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output. —Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya.—Berupa sistem operasi yg terdiri dari program-2 pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. —Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau warm booting. —Instruksi-2 yg tersimpan di ROM disebut microinstruction atau firmware (hardware & software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya). —Isi dari ROM ini tidak boleh hilang atau rusak, bersifat non volatile. —Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali. ◦PROM (Programmable Read Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu kali. ◦EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.◦EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.


































Unknown
1. Buka Start Screen lalu ketikkan cmd
2. Klik kanan dan "Run as administrator" (Icon dibawah)

3. Setelah itu ketikkan..
- "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA JARINGAN key=PASSWORD"
- "netsh wlan start hostednetwork"

Note :
"NAMA JARINGAN" --> Isi dengan nama jaringan sesuai keinginan anda
"PASSWORD" --> Isi dengan password sesuai keinginan anda
'netsh wlan start hostednetwork' --> Untuk menghidupkan jaringan ad-hoc

Pertama bukalah CMD yang ada pada windows 8 


Langkah selanjutnya jika CMD sudah terbuka adalah ketikkan "netsh wlan show drivers" (tanpa tanda petik) maka akan muncul perangkat yang kalian gunakan pada komputer seperti gambar ini.




Disana terlihat jika perangkat yang saya gunakan support sebagai host network, jika terlihat tulisan "No" maka perangkat tidak support terhadap host network.

Langkah selanjutnya adalah membuat ad hocnya yaitu dengan cara ketikkan "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=<network name> key=<passkey>" (tanpa tanda petik)
- Yang bertanda merah dapat kalian ganti, <network name> adalah nama network yang akan dibuat,  <passkey> merupakan passwordnya.

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkannya dengan mengetikkan "netsh wlan start hostednetwork" (tanpa tanda petik). Maka jaringan ad hoc di windows 8 melalui CMD sudah berhasil dibuat.

                          **Selamat mencoba**


Unknown
Konfigurasi Active Directory Pada Windows Server 2003

   Active directory adalah suatu sistem layanan direktori untuk mengelola user atau sumberdaya jaringan lainnya dalam suatu jaringan yang berjalan di sistem operasi windows server. semua informasi baik user, computer dan informasi lain dapat disimpan dalam database yang terpusat. Active directory terdiri atas basis data dan juga layanan direktori. Basis data yang dimiliki oleh Active directory menyimpan segala sumber daya yang terdapat di dalam jaringan, seperti halnya komputer yang telah tergabung ke sebuah domain, daftar akun pengguna dan kelompok pengguna, folder yang di-share, dan lain-lain. Elemen dasar dari active directory adalah active directory object. Sebuah active Directory object ini dapat berupa sebuah akun pengguna, komputer yang tergabung ke dalam sebuah domain windows server, printer, aplikasi, folder, atau sumber daya lainnya di dalam jaringan.    Ã˜ Instalisasi Active Directory  1. Masuk ke start menu > run dan ketikan:  “dcpromo” (tanpa tanda kutip)

2. Akan tampil wizard dari windows server 2003, pilih next untuk masuk ke konfigurasi berikutnya.  


3. Tampilan wizard untuk kompatible active directory akan muncul, langsung saja pilih next. 


4. Pilih “Domain controller for a new domain” apabila belum ada satu pun domain yang dibuat atau kita akan membuat domain baru, kemudian pilih next.   


5. Pilih option “Domain in a new forest” karena kita akan membuat domain baru dalam sebuah forest. 


6. Masukan nama domain yang akan kita buat misalnya “sinclair.com”  


7. Apabila tidak ada masalah maka akan keluar wizard yang menampilkan nama domain netbios yang tadi kita buat, pilih next.  


8. Wizard akan menampilkan kotak dialog Database and Log Folders untuk menyimpan data yandg berhubungan dengan Database dan Log tersebut, pilih next.  


 Wizard akan menampilkan kotak dialog berikutnya bernama Shared System Volume yang menyimpan copian server dari domain public. Pilih next.  


10. Pilih option kedua untuk mensetting agar active directory yang akan kita buat hanya compatible dengan windows 2000 atau windows 2003 server, selanjutnya pilih next.  


 Pilih option kedua untuk mengkonfigurasikan dns komputer yang diinstall active directory sebagai dns server atau preferrend dns.  


Selanjutnya masukan password untuk active directory, password ini berbeda dengan password administrator yang dibuat saat install windows server 2003 yang pertama kali.  


Pilih next untuk masuk ke wizard berikutnya. 



Instalisai active directory mulai dilakukan.  


Apabila saat install sedang berjalan keluar dialog yang meminta dimasukan cd installer windows server 2003, silahkan masukan kembali cd installer windows server 2003. 



Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi ip address untuk dns server. Pilih option “Internet Protokol (TCP/IP)   


 17. Masukan ip address untuk dns server. 


Proses install active directory ini mungkin akan memakan waktu cukup lama. 



Apabila proses install selasai dan silahkan pilih Finish untuk menutup kotak dialog. 


Lakukan restart untuk meyesuaikan konfigurasi. 


 Login kembali sabagai administrator untuk melihat apakah active directory sudah terinstall atau belum. 



 Untuk mengeceknya silahkan buka start menu > all program > administrative tool > active directory user and computer. Jika sudah terinstall maka akan terlihat sebuah domain dengan nama domain yang pertama kita buat. Misalnya nama domain yang saya buat “sinclair.com” 



Unknown

jaringan komputer



Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistemclient-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapatperangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

1. SEJARAH

Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesorHoward Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer danteknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik pada tahun 1969. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan pada tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa hostkomputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapaterminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dantelekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

1.1 Ini adalah Model Time Sharing System (TSS)


Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang lalu untuk ARPANET. Program tersebut begitu mudah untuk digunakan, sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di Londonmerupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet). Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.










1.2 Peta logika dari ARPANET






Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) pada tahun 1979. Tahun 1981, France Telecommenciptakan sesuatu hal
yang baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelepon yang


juga berhubungan dengan video link.
Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. Untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal hingga saat ini. Sementara itu, diEropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi1000 komputer lebih. Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.
Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ). Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. Programe inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web.
Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer pada tahun 1992. Dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah). Dan pada tahun 1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retailmuncul di situs. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.

2. KLASIFIKASI

Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi :

Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi Jaringan wilayah lokalatau Local Area Network (LAN), Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN). Jaringan wilayah lokal]] merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang berukuran sampai beberapa 1 - 10 kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi. Sedangkan Jaringan wilayah metropolitan merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 kilometer. Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik(Fiber Optic). Jaringan wilayah luas Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua. Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.

Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Client-server) danJaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer). Jaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client). Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer peladen, komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi peladen, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-server, print-server, database server dan sebagainya. Tentu saja konfigurasi komputer peladen biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras {harddisk), maupun kecepatan prosessornya. Sedangkan jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak.

Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
    1. Topologi bus
    2. Topologi bintang
    3. Topologi cincin
    4. Topologi mesh
    5. Topologi pohon


Berdasarkan distribusi sumber informasi/data

Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.
Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

Berdasarkan media transmisi dataJaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

2. Jaringan nirkabel(Wi-Fi)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringa





Unknown


SUPERNETTING
di dalam membuat suatu jaringan komputer yang sangat besar kita perlu men supernetting jaringan gan alasanya agar:1. Umumnya jumlah alamat yang tersedia di dalam kelas A dan B terlalubesar untuk kebanyakan organisasi2. Sedangkan alamat yang tersedia di dalam kelas C hanya 256, ini terlalukecil untuk kebanyakan organisasi3. Mempersingkat routing table sebuah router sehingga menghemat memoriPada router tersebut.4. Menggabungkan jumlah IP yang tidak mencukupi dari sebuah kelas IP Danmenghindari router.Supernetting adalah proses menggabungkan dua atau lebih blok IP address menjadi satu kesatuan. Supernetting diterapkan pada network yang cukup besar untuk memudahkan proses routing.Supernetting di sebut juga Classless Inter-Domain Routing atau CIDR.Subnetting dilakukan untuk tujuan memadukan teknologi dari topologi jaringan yang berbeda, membatasi jumlah node dalam satu segmen jaringan dan mereduksi lintasan transmisi yang ditimbulkan oleh broadcast maupun tabrakan (collision) pada saat transmisi data. Subnetting dilakukan dengan mengambil beberapa bit HOST untuk dijadikan bit NETWORK, sehingga terjadi pemindahan “garis pemisah” antara bit-bit network dengan bit-bit host, dengan memperhatikan kebutuhan jumlah Nomor Host untuk setiap Subnet.Permasalahan lain yang timbul yaitu suatu network tidak mampu menampung sejumlah Host yang diperlukan (sebagai contoh, jumlah Host maksimum dari kelas C adalah 254 buah), dan jika hal ini terjadi (misalkan jumlah Host yang akan digabung >1000 buah), maka untuk mengatasinya dilakukanlah penggabungan dari beberapa jaringan kelas C.Gambar 1 Supernetwork dengan anggota > 1000 workstationGambar 



2 proses superneting




Prosedur Supernetting :1. Pada Supernet bit Host yang bernilai nol semua berfungsi sebagai Supernet Address, bit Host yang bernilai satu semua berfungsi sebagai Broadcast Address.

2. Pada proses netmasking, IP-Address untuk Supernet-mask ditentukan dengan mengganti semua bit Network dengan bit 1, dan mengganti semua bit Host (termasuk bit Host yang dipinjam dari bit Network) dengan bit 0. Contohnya pembentukan supernet dari gabungan

4 buah jaringan Kelas-C dengan meminjam 3 bit Network, maka komposisi bit 1 dan bit 0 pada proses netmasking :Sebelum Subnetting : 110nnnnn.nnnnnnnn. nnnnnnnn.hhhhhhhhProses netmasking : 11111111 . 11111111 . 11111111. 00000000Subnet-mask Kls-C : 255 . 255 . 255 . 0Setelah Supernetting : 110nnnnn.nnnnnnnn. nnnnnnhh.hhhhhhhhProses netmasking : 11111111.11111111.11111100.00000000
Supernet-mask : 255 . 255 . 248 . 0C
ontoh soal :Enam buah jaringan Kelas-C dengan Nomor Network 192.168.32, 192.168.33, 192.168.34, 192.168.35, 192.168.36 dan 192.168.37, yang masing-masing memiliki 254 Host, akan digabungkan membentuk suatu Supernet. a.Tentukan Supernet ID (Address), Host Range dan Supernet Broadcast untuk Supernet tersebut !Supernet ID (Address),
 Host Range dan Subnet Broadcast untuk gabungan jaringan tersebut, adalah :Supernet Address : 192 . 168. 8 . 0(alternatif lain : 192.168.16.0; 192.168.24.0; 192.168….0;…;192.168.248.0 )Broadcast Add: 192.168.15.255Catatan : Yang dibentuk hanya sebuah Supernet.Supernetmask : 255 . 255 . 248 . 0Supernet ID: 192.168.8.0192.168.8.1192.168.15.254
Broadcast 192.168.15.255
H os t Range : 192 . 168. 8. 1 – 192 . 168. 8 . 255 = 255192 . 168. 9. 0 – 192 . 168. 9 . 255 = 256192 . 168. 10. 0 – 192 . 168. 10 . 255 = 256192 . 168. 11. 0 – 192 . 168. 11 . 255 = 256192 . 168. 12. 0 – 192 . 168. 12 . 255 = 256192 . 168. 13. 0 – 192 . 168. 13 . 244 = 245 +———————————————- 1524 hostSupernet Broadcast : 192 . 168. 15 . 255Host-range yang tersedia : 2046 IP-Address.Host-range digunakan hanya : 6 x 254 = 1524 IP-Address.Hasil dari proses Supernetting ini mengubah komposisi antara bit Network dengan bit Host, dengan demikian hal ini akan mempengaruhi nilai Network Address, Broadcast Address dan Subnetmask Jaringan. Sebagai contoh untuk kasus di atas :Host dengan IP-Address 192.168.12.81/21 adalah Host yang terdapat pada baris ke 5 dari supernet yang terbentuk. Network Address = 192.168.8.0 ;Broadcast Address = 192.168.15.255 ; Subnetmask Jaringan = 255.255.248.0Hal ini bisa juga diperoleh melalui perhitungan sbb. :Masking 21 bit untuk kelas-C Perhitungan Supernet Mask. : 192.168.12.81/21IP-Address192 168 12 811100000 10101000 00001100 0 1010001Supernet Mask255 255 248 011111111 11111111 11111000 00000000Network Address192 168 8 01100000 10101000 00001000 00000000Broadcast Address192 168 15 2551100000 10101000 00001111 11111111x