Unknown
Konfigurasi Active Directory Pada Windows Server 2003

   Active directory adalah suatu sistem layanan direktori untuk mengelola user atau sumberdaya jaringan lainnya dalam suatu jaringan yang berjalan di sistem operasi windows server. semua informasi baik user, computer dan informasi lain dapat disimpan dalam database yang terpusat. Active directory terdiri atas basis data dan juga layanan direktori. Basis data yang dimiliki oleh Active directory menyimpan segala sumber daya yang terdapat di dalam jaringan, seperti halnya komputer yang telah tergabung ke sebuah domain, daftar akun pengguna dan kelompok pengguna, folder yang di-share, dan lain-lain. Elemen dasar dari active directory adalah active directory object. Sebuah active Directory object ini dapat berupa sebuah akun pengguna, komputer yang tergabung ke dalam sebuah domain windows server, printer, aplikasi, folder, atau sumber daya lainnya di dalam jaringan.    Ø Instalisasi Active Directory  1. Masuk ke start menu > run dan ketikan:  “dcpromo” (tanpa tanda kutip)

2. Akan tampil wizard dari windows server 2003, pilih next untuk masuk ke konfigurasi berikutnya.  


3. Tampilan wizard untuk kompatible active directory akan muncul, langsung saja pilih next. 


4. Pilih “Domain controller for a new domain” apabila belum ada satu pun domain yang dibuat atau kita akan membuat domain baru, kemudian pilih next.   


5. Pilih option “Domain in a new forest” karena kita akan membuat domain baru dalam sebuah forest. 


6. Masukan nama domain yang akan kita buat misalnya “sinclair.com”  


7. Apabila tidak ada masalah maka akan keluar wizard yang menampilkan nama domain netbios yang tadi kita buat, pilih next.  


8. Wizard akan menampilkan kotak dialog Database and Log Folders untuk menyimpan data yandg berhubungan dengan Database dan Log tersebut, pilih next.  


 Wizard akan menampilkan kotak dialog berikutnya bernama Shared System Volume yang menyimpan copian server dari domain public. Pilih next.  


10. Pilih option kedua untuk mensetting agar active directory yang akan kita buat hanya compatible dengan windows 2000 atau windows 2003 server, selanjutnya pilih next.  


 Pilih option kedua untuk mengkonfigurasikan dns komputer yang diinstall active directory sebagai dns server atau preferrend dns.  


Selanjutnya masukan password untuk active directory, password ini berbeda dengan password administrator yang dibuat saat install windows server 2003 yang pertama kali.  


Pilih next untuk masuk ke wizard berikutnya. 



Instalisai active directory mulai dilakukan.  


Apabila saat install sedang berjalan keluar dialog yang meminta dimasukan cd installer windows server 2003, silahkan masukan kembali cd installer windows server 2003. 



Langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi ip address untuk dns server. Pilih option “Internet Protokol (TCP/IP)   


 17. Masukan ip address untuk dns server. 


Proses install active directory ini mungkin akan memakan waktu cukup lama. 



Apabila proses install selasai dan silahkan pilih Finish untuk menutup kotak dialog. 


Lakukan restart untuk meyesuaikan konfigurasi. 


 Login kembali sabagai administrator untuk melihat apakah active directory sudah terinstall atau belum. 



 Untuk mengeceknya silahkan buka start menu > all program > administrative tool > active directory user and computer. Jika sudah terinstall maka akan terlihat sebuah domain dengan nama domain yang pertama kita buat. Misalnya nama domain yang saya buat “sinclair.com” 



0 Responses

Posting Komentar